Semakin tingginya tingkat kondisi ekonomi,pendidikan,serta kecerdasan manusia berbanding lurus dengan tuntutan mutu yang di terapkan. CCI adalah sebuah sistem/perangkat yang di terapkan pada mesin cetak ( CPC pada merk Heidlberg pada jenis mesin SpeedMaster ),yang fungsinya bisa sebagai sistem analisa bahan/objek yang akan di cetak,database dari hasil analisa,dan sekaligus pemeran utama akan pengaturan jumlah tinta maupun komposisi warna dengan sistem komputerisasi.

CPC ( Computer Print Control ) di bagi menjadi 4 spesifikasi ,yaitu CPC 1 ,CPC 2 ,CPC 3, dan CPC 4. Pembagian 4 spesifikasi ini hanyalah bertujuan menjabarkan fungsi dari CPC itu sendiri,sedangkan CPC adalah sistem yang satu kesatuan bukan terpecah menjadi 4 perangkat.

  1. CPC 1

Sebagai induk dari keseluruhan CPC,hasil analisa dari setiap instrumen penganalisa akan di simpan sebagai data di CPC 1. Yang outputnya adalah ,CPC 1 memerintahkan/mengendalikan ketebalan tinta,air pembasah,ketepatan cetak serta kecepatan produksi,ingat CPC 1 hanya mengendalikan.

2 .CPC 2

Mengukur tebal tinta pada hasil cetak. Secara densitometrik, hasil ukur di inputkan ke CPC1

3.CPC 3

Merekam / mengukur tebl image pelat ( hasil ukur di simpan ke CPC 1), di simpan ke CPC Casette.

4. CPC 4

Mengontrol ketepatan cetak. Dengan merekam posisi ketepatan cetak warna 1,2,3 .. hasil ukur di input ke CPC 1.

Dalam CPC ada motor penggerak rol bak tinta yang di gerakkan menggunakan Potensiometer berdasarkan perintah dari CPC 1.Dan di awal, perangkat CCI juga akan melakukan Pre-Setting System,yakni aktifitas untuk identifikasi komposisi warna, ketepatan sudut ,guna meminimalisir kesalahan cetak karena non-register.